Total Quality Management
Di
dalam total quality managemen semua member/anggota di dalam sebuah organisasi
diharuskan turut aktif dalam usaha peningkatan sehingga menghasilkan
peningkatan kualitas, yang akhirnya kepuasan pelanggan semakin meningkat.
Six Sigma
Six Sigma merupakan suatu upaya untuk
meningkatkan kualitas dengan memperbaiki hal-hal yang dianggap kurang, sehingga
dalam prosesnya kekurangan-kekurangan yang ada dapat diminimalisir yang
akhirnya kualitas akan semangkit meningkat.
Di dalam pemecahan masalah-masalah
yang ada, six sigma menerapkan DMAIC, yaitu:
·
Define:
Mendengarkan segala keinginan pelanggan untuk menentukan tujuan.
·
Measure: Tahapan
ini untuk mengukur kinerja sebelum perubahan.
·
Analyze:
Menganalisis dimana letak dari kekurangan-kekurangan yang ada.
·
Improve:
Meningkatkan kinerja dengan menutup kekurangan-kekurangan yang ada.
·
Control:
Mengontrol kinerja setelah mengalami perubahan-perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar